Saturday, May 28, 2005

Jogja-Jakarta = Rp 75,- / 30 detik

Seminggu yang lalu, tepatnya tanggal 20 april 2005, adalah hari terakhir masa tenggang (bukan masa aktif) kartu simpati natsir, 0813 2834 1***. natsir saat itu sedang bimbang dan ragu, harus-kah mengisi ulang kartu tersebut (dengan pulsa tentunya) atau justru "membunuh"nya, mengingat, berat juga (rasanya) menghidupi 3 nomor sekaligus. oh ya, hampir lupa nulis, selain nomor simpati itu, natsir "masih" punya 2 nomor lain, yakni 0818 0281 0*** (jempol) dan 0818 0270 6*** yang merupakan kartu pasca bayar keluaran xl, xplor namanya. ketiga-nya punya fungsi tersendiri.

xplor yang merupakan "primary no." biasa digunakan sehari-hari, terkadang untuk sms tetapi (sebenarnya) lebih sering dipakai untuk nelpon, sekaligus mis-call tentunya. karena sifat primary-nya, wajar-lah kalo nomer ini adalah yang paling boros penggunaan pulsa-nya, meski nggak nyampe 100 ribu per bulan. nomer jempol biasanya berstatus sebagai "cadangan", dengan penggunaan semata-mata hanya untuk mengirim sms. meski demikian, nomer ini sempat menjadi nomor utama pada masa-masa kkn dulu, yakni pada kurun waktu antara bulan juli-agustus 2004, karena pada saat itu jempol meng-gratis-kan pengiriman sms ke nomor2 xl. jadi ya, saat itu koordinasi antar sub unit di kkn dilakukan (salah satunya) dengan sms gratisan jempol ini. lumayan ngirit lah. sampai saat ini jempol masih ngirit pulsa, "hanya" 5 ribu per bulan saja. adapun simpati, digunakan untuk satu keperluan saja; menelpon nomor simpati (lain), yang dilakukan antara pukul 11 malam dan 7 pagi, dimana tarif-nya "hanya" 150 rupiah per 30 detik.

singkat cerita, natsir memutuskan untuk membeli pulsa dengan nominal 20 ribu rupiah dengan harga seribu lebih mahal dari nilai nominal-nya, meski saat itu duit di kantong tinggal 30an ribu aja, ah, masa bodo', yang penting nomer simpati itu tetap "hidup" aja. dan, tentu saja, biar tetap bisa nelpon murah ke nomor simpati.

hari ini, ba'da sholat subuh, sekitar jam 5 pagi natsir menelpon beberapa orang pengguna simpati yang kebetulan sedang berada di jakarta. natsir nelpon 3 kali dengan total durasi antara 35-40 menit. setelah itu natsir menge-cek pulsa,call *888#, dan alangkah terkejut-nya, ber-kurang-nya pulsa lebih "sedikit" dari yang dibayangkan sebelumnya. dalam sms report (laporan) jumlah pulsa, dibawah keterangan akhir periode (masa aktif), terdapat tulisan yang menyebutkan bahwa telkomsel memberikan diskon 50% tarif. biasanya khan 150 rupiah per 30 detik, saat itu (jadi) 75 rupiah per 30 detik. dan karena si penerima lagi ada di jakarta, dengan tarif normal telepon simpati-pstn antara jogja-jakarta adalah 4.150 rupiah pe menit, berarti natsir "ngirit" 4000 rupiah per menit dong... wow... ya udah, akhirnya natsir memutuskan untuk menelpon kembali nomor yang telah natsir hubungi tadi, ditambah beberapa nomor (simpati) lain. tak lupa natsir meng-informasi-kan "kebaikan" telkomsel tersebut kepada setiap orang yang natsir hubungi.

waktu pun berlalu... jam 7 sudah dekat. sekitar 5-10 menit menjelang jam 7 pagi, natsir menutup (end call) telepon terakhir yang natsir hubungi pagi ini. total jendral ada 7 nomor di-telpon, 1 nggak diangkat, 11 pembicaraan (conversation), durasi antara 13 detik hingga 25 menit 12 detik, mulai jam 5 hingga jam 7 pagi atau hampir 2 jam pembicaraan... hmm... rekor (baru) nih...

setelah itu natsir (kembali) cek pulsa, call *888#, dan ini-lah tulisan yang muncul;

Sisa pulsa: Rp.3005. Akhir periode 04/06/05. Menyambut Ulang Tahun Telkomsel ke-10, nikmati diskon 50% tarif lokal ke sesama Telkomsel selama 26-28 Mei 2005

hmm... kira2, kapan ya telkomsel berbuat "baik" seperti ini lagi...

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home